Jumat, 01 Desember 2017

Ulasan 2 : Perbedaan Semaphore and Mutex

Dalam ulasan ini, saya membahas sebuah video berjudul “What is difference between Semaphore and Mutex” oleh HowTo dengan url https://youtu.be/DvF3AsTglUU. Video ini diupload pada 5 Maret 2016 dan berdurasi 6 menit dan 59 detik.

Video ini menjelaskan perbedaan antara mutex dan semaphore dengan representasi gambar dibuat dengan powerpoint. Mutex adalah objek yang hanya memperbolehkan satu thread untuk melalui bagian yang diberikan mutex dalam satu waktu. Semaphore dijelaskan sebagai mekanisme untuk restriksi jumlah pengguna suatu shared resource pada satu waktu hingga suatu angka maksimal. Thread bisa request akses (wait, mengurangi counter) atau memberi akses saat selesai (post, menambah counter). Perbedaan inti adalah mutex merupakan objek, sedangkan semaphore adalah sebuah signaling mechanism.

Menurut saya video ini menarik, dan cukup menjelaskan perbedaan antara objek mutex dan semaphore. Penjelasan cukup rinci, walaupun desain yang digunakan sangat simple. Jika anda masih belum terlalu paham dengan konsep mutex dan semaphore, serta perbedaannya, anda dapat menonton video ini.


Github Account : Daninsky
Url Ulasan : http://oskyranger.blogspot.co.id/2017/12/ulasan-2-perbedaan-semaphore-and-mutex.html
Url Video : https://youtu.be/DvF3AsTglUU
Pemetaan konten : week07
Revisi Pertama : 2 Desember 2017
Revisi Terakhir : 2 Desember 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar